TEORI EKONOMI MIKRO ‘according me,,,,’

Posted: November 9, 2012 in Uncategorized

Berdasarkan materi yang sudah dijelaskan oleh dosen saya, Ibu Rita Indah Mustikowati, SE, M.Si dapat saya simpulkan bahwa yang dimaksud dengan KELEBIHAN PENAWARAN adalah keadaan ketika produsen menaikan harga barang yang dijual sedangkan jumlah barang yang ditawarkan tetap. Hal ini membuat barang tersebut tidak laku terjual karena hukum penawaran tidak terpenuhi dan stok barang yang dimiliki produsen menumpuk. Sehingga untuk mengatasai masalah itu, produsen kembali menurunkan harga menjadi harga awal sesuai dengan harga keseimbangan yang telah disepakati. Dan terjadi Surplus produsen.

Sedangkan KELEBIHAN PERMINTAAN terjadi ketika konsumen menaikkan tingkat permintaan sehingga harga barang menjadi turun (sesuai dengan hukum permintaan). Untuk itu produsen menaikkan harga untuk mengurangi kelebihan permintaan. Pada kondisi kelebihan permintaan, tarjadi juga suprlus konsumen.

 

sumber: catatan Audia Novrita berdasarkan kuliah yang diberikan oleh Ibu Rita Indah Mustikowati, SE, M.Si pada tanggal 9 November 2012 di Universitas Kanjuruhan Malang.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s